Minggu, Juni 26, 2016

Walikota Sabang Beri Santunan Kepada 574 Orang Anak Yatim dan 537 Orang Disabilitas

ZSAN – Sabang,..
Bantuan Dana yang diberikan kepada Anak Yatim dan Anak Disabilitas, diserahkan  oleh Walikota Sabang Zulkifli H Adam, didampingi oleh Kadis Nakersos Mobpen, Ir. Iskandar Muda MM, serta Para Kabid dan Kasie Disnakersos Mobpen Kota Sabang, kamis (23/06-16) pagi. Dana bantuan tersebut diserahkan oleh Walikota Sabang selaku Kepala Daerah adalah berupa bantuan dana secara simbolis, kepada Anak Yatim dan Disabilitas yang ada di Kota Sabang.  

Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Mobilitas Penduduk, memberikan Dana bantuan kepada 574 orang Anak Yatim dan 537 orang Disabilitas yang ada di Kota Sabang. Bantuan tersebut secara simbolis diberikan oleh Walikota Sabang Zulkifli H Adam kepada Anak Yatim dan Disabilitas, yang berada di Gampong Kuta Ateuh dan Gampong Ie Meulee, di Aula lantai satu milik Pemko Sabang.

Walikota Sabang Zulkifli H Adam pada pidatonya sebelum penyerahan bantuan dana kepada Anak yatim dan Disabilitas mengatakan, bantuan ini diberikan kepada Anak Yatim dan Disabilitas adalah merupakan suatu kepedulian dari Pemerintah Kota Sabang kepada Masyarakatnya yang tertimpa musibah, baik itu kehilanagan orang tua maupun kehilangan sebahagian dari kelengkapan tubuh dan panca indera maupun kekurangan itu sudah ada sejak lahir, ujarnya.

Kepedulian dan keseriusan dari Pemerintah Sabang terhadap kekurang lengkapan atau kesempurnaan dari bagian tubuh masyarakatnya, baik itu fisik maupun  mental, atau kehilangan orang tua, semua itu dapat dilihat dari semakin besarnya jumlah bantuan Dana yang diberikan pada setiap tahun kepada masyarakat.

Hal ini sudah menjadi suatu ketetapan dari program Visi Misi ketika saya mencalonkan diri pada Pilkada sebagai calon Walikota Sabang priode tahun 2012 – 2017 yang lalu. Oleh karena itu kepada setiap PNS yang menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja  Sosial dan Mobilitas Penduduk, selalu membuat program untuk peningkatan juamlah banuan dana yang diberikan kepada para Anak Yatim maupun anak Disaabilitas.

Dana Bantuan kepada Anak Yatim di Kota Sabang dari Dinas Siosial untuk tahun 2016 jumlahnya sebesar Rp. 3.300.000,00, dan akan dibayarkan dalam dua tahap. Untuk bantuan tahap pertama, Dana yang akan diberikan secara simbolis kepada anak yatim pada tahap pertama jumlahnya sebesar Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah). Kemudian bantuan dana di tahap kedua atas kekurangan dari jumlah yang telah diprogramkan, akan dibayarkan sesuai dengan jumlah dana yang belum mereka terima sesuai pagu yaitu sebesar Rp. 1.300.000.

Kepada para penderita Disabilitas, jumlah bantuan dana yang akan diberikan kepada mereka tahun 2016, harus disesuaikan dengan kriteria dari derita arDisabelitas yang dideritanya. Adapun besaran jumlah santunan yang akan dibayarkan kepada mereka adalah sebagai berikut ;

“ Penderita Disabelitas yang dikatagorikan berat, dana santunan yang diterima mereka dari Pemerintah Kota Sabang melalui Disnakersos Mobpen adalah sebesar Rp. 3.069.000,00. Kemudian kepada penderita Disabelitas yang berkatagori Sedang, jumlah dana santunan yang berhak diterimanya adalah sebesar, Rp. H 1.000.000,00, dan penderita Disabelitas  ringan jumlah dana santunan yang dierimanya adalah sebesar Rp. 8000.000,00 “.

Zulkifli H Adam juga mengatakan, pada tahun 2015 lalu dana santunan yang diberikan kepada para anak yatim sebesar Rp. 2.500.000,00 (Dua juta lima ratus ribu rupiah), dengan perincian pembagian dana santunan kepada anak yatim menjadi dua tahap, pada pertahapnya jumlah dana santunan yang diterima mereka adalah sebesar Rp. 1.250.000,00, tukas Walikota Sabang Zulkifli.

Sementara itu sebelumnya, pada acara pembukaan program bantuan dana Santunan kepada Anak Yatim dan Disabilitas yang dilaksanakan di Aula Lt. 1 milik Pemko Sabang, Kadis Tenaga Kerja Sosial dan Mobilitas Penduduk Kota Sabang, Ir. Iskandar Muda, MM ketika membuka acara pada pidatonya mengatakan, Dana Santunan yang akan diserahkan oleh Bapak Walikota Sabang Zulkifli H Adam adalah, bantuan berupa dana santunan kepada seluruh anak yatim di Kota Sabang, dan kegiatan itu hanya sebagai suatu kegiatan simbolis saja karena, bila dikumpulkan keseluruhan Anak Yatim dan Disabilitas berjumlah saangat banyak.


Dengan jumlah anak yatim dan disabilitas yang cukup banyak di Kota Sabang, dan sampai dengan sekarang ini telah berjumlah 1.111 jiwa, sangatlah tidak mungkin keseluruh penerima bantuan dana santunan dapat dikumpulkan pada satu ruangan di Aula Lt. 1 Pemko Sabang. 

Sementara itu kapasitas jumlah undangan maksimalnya hanyalah dua ratusan. Oleh karena itu, masyarakat yang diundang untuk menerima bantuan secara simbolis adalah masyrakat Gampong yang terdekat yang terwakili dari dua Kecamatan yaitu Gampong Kuta Ateuh dan Gampong Ie Meulee dari dua Gampong di dua Kecamatan yaitu, Kuta Ateuh Kecamatan Sukakarya.

Dana bantuan berupa santunan kepada Anak Yatim dan Disabilitas yang telah dianggarkan oleh Pemda Sabang melaui Kantor Disnakersos Mobpen Sabang, dan program kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan dari Kantor Disnakersos Mobpen Sabang dalam memberikan aaaaaaaaaaaaaabantuan langsung kepada mereka yang sangat membutuhkan.  

Sesuai dengan Instruksi dari Walikota Sabang, baik secara tulisan maupun lisan kepada Kepala Dinas  maupun Kepala Kantor, yang mempunyai program bantuan kepada masyarakat, agar disetiap program yang akan diajukan ke Panitia Angaran Eksekutif, terlebih dahulu diseleksi, tujuannaya agar program yang terlupakan dapat dibuat kembali untuk diperbaiki, terutama bantuan kepada anak yatim, disabilitas dan setiap tahunnya jumlah santunan yang diterima oleh mereka lebih ditingkatkan, pungkas Iskandar Muda

(Red)
Keterangan Foto.

Walikota Sabang Zulkifli H Adam ketika memberikan Dana Santunan kepada Anak Yatim dan Disabilitas, didampingi Kadisnakersos Mobpen Sabang Ir. Iskandar Muda MM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...