Senin, Juni 13, 2016

Passanger MS. Artania Singgah di Pelabuhan Sabang



MOKI – Sabang,….
Kapal Passanger Berbendera Bermuda MS. Artania, kamis (07/04-16) singgahi Pelabuhan Sabang selama 8 jam, di Pelabuhan CT 3 milik Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), letak pelabuhan tersebut di Gampong Kuta Timur, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.
         
Kapal yang dinahkodai oleh Capt, Hasen Morten Arne, tiba di Pelabuhan Sabang sekitar Pukul 10.00 WIB. Dan sebelum bertolak menuju Pelabuhan Sabang, kapal mewah MS Artania tersebut, terlebih dahulu singgahi Pelabuhan langkawi Malaysia.

Kedatangan kapal Ms. Artania berbendera Bermuda, mengangkut penumpang sebanyak 792 orang, dengan berawak  (ABK) 517 orang, disambut oleh Wakil Kepala BPKS, Irwan, Kapolres Sabang AKBP Nurmeininggsih, Dinas Pariwisata Propinsi yang diwakili oleh Amiruddin dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang, Zulfi Purwati, serta unsure terkait laainnya.

Mereka disambut diawali dengan tarian adat Guel dari Aceh Tengah, yang sekaligus mengalungkan bunga kepada Nakhoda MS. Artania Capt. Hasen Morten Arne. Pengalungan bunga tersebut dilakukan oleh Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal, dan sekaligus menyerahkan Cindera mata kepada pihak Kapal Passanger MS Artania.

Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal pada kata sambutannya mengatakan, kami dari pihak BPKS selalu serius mengembangankan pariwisata di Kota Sabang, dan salah satu keseriusan tersebut adalah dengan membuat master plan tentang  Pariwisata. Dalam pembuatan master plan kami juga melibatkan unsur Tekhnis dari Institut Teknologi Bandung (ITB), ujarnya.

" Kita sudah MoU dengan ITB, mudah-mudahan dengan adanya Master Plan tentang Pariwisata Kota Sabang, diharapkan pengembangan bidang pariwisata di Kota Sabang akan lebih terarah, dengan begitu Kota Sabang sebagai salah satu daerah tujuan wisata Nasional akan siap menjadi Destinasi wisata dunia," katanya pula.

Oleh katrena itu, dalam rangka untuk memajukan pariwisata khususnya wisata cruise maka, BPKS dalam tahun ini akan melakukan kerjasama dengan operator-operator cruise dunia yang berada di Malaysia, Singapura dan negara lainya. Dan pada tahun ini kita akan melakukan pendekatan-pendekatan kepada operator, untuk melakukan promosi wisata cruise dunia,"  tukas Irwan Faisal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah pada keterangannya kepada MOKI mengenai Kapal tersebut mengatakan, kapal Passanger MS. Artania memiliki panjang 230.62 meter dengan bobot 44.456 GT (Gross Tonage).

Kunjungan Kapal Passanger MS. Artania merupakan yang kedua kalinya ke Pelabuhan Sabang, sebelumnya kapal tersebut pernah singgah di Sabang tahun 2014 lalu. Setelah kapal ini singgahi Sabang, mereka akan bertolak menuju pelabuhan berikutnya yaitu Colombo, ujar Zulkarnaini.
Lebih lanjut dikatakananya, dengan kunjungan MS. Artania ke Kota Sabang, maka sampai dengan sekarang ini tercatat  bahwa, kunjungan wisatawan cruise kini hampir menembus angka 4000 orang. Sebelumnya, angka yang tercatat kunjungan wisatawan asing yang datang melalui cruise di Pelabuhan Sabang telah mencapai 3902 orang.

Dengan jumlah lebih dari empat ribuan wisatawan asing yang berkunjung ke Kota Parawisata Kota Sabang, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang (BPKS), optimis bahwa Sabang bakal menjadi “ Magnet ” kapal-kapal Cruise dunia, katanya pula.
         
Sikap optimis BPKS cukup beralasan, sebab volume kunjungan Cruise ke Pelabuhan Sabang dari tahun ke tahun, terus mengalami peningkatan secara signifikan. Misalnya saja, dari bulan januari 2016 sampai dengan bulan April  2016, setidaknya telah ada 6 kapal Cruise yang singgah ke Pelabuhan Sabang.
         
Pada bulan Januari saja, ada Passanger Silver Shadow, selanjutnya Seven Seas Voyager (dua kali), dan Hamburg (dua Kali). Dan hari ini ada kapal MS. Artania mengunjungi Pelabuhan Sabang, hingga jumlah kapal Passanger yang berkunjung ke Pelabuhan Sabang ada 6 kapal.

Bila saja kapal Silver Shadow di bulan Februari 2016 tidak batal singgah karena cuaca buruk, maka jumlah kapal yang singgah menjadi 7 kapal. Dengan melihat rentetan kunjungan cruise ke kota sabang ini, dirinya berharap kota Sabang dapat menjadi primadona bagi cruise dunia, pungkas Zulkarnaini.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Dinas Pariwisata Provinsi Aceh melaksanakan Pasar Wisata di Areal Terminal CT3. Dalam kegiatan tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi menyuguhkan beberapa kesenian dan juga bazar yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang berasal dari MS Artania.
         
(Red)

Keterangan Foto :

Kapal Passanger MS. Artania ketika merapat di Pelabuhan Sabang CT.3 milik BPKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...