Senin, Juni 13, 2016

Peserta SMF, Meriahkan Aneka Lomba Rakyat



MOKI – Sabang,….
Puluhan wisatawan peserta Sabang Marine Festival (SMF) II tahun 2016, bersama dengan masyarakat Sabang turut memeriahkan aneka perlombaan rakyat, yang diselenggaran oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) di beberapa titik lokasi Kota Sabang (28/04-16), sejak pagi hari hingga menjelang petang.

Bermacam aneka perlombaan rakyat untuk memeriahkan Sabang Marione Festival yang berlangsung di beberapa titik di kota Sabang, turut juga melibatkan masyarakat, TNI, Polri  dan seluruh instansi pemerintah baik Otonom maupun Vertikal sehingga acara tersebut  menarik perhatian masyarakat Kota Sabang untuk menonton kegiatan dimaksud.

Nyaris dikeseluruh aneka lomba rakyat tersebut, dipenuhi oleh warga Kota Sabang karena penasaran sebab, para peserta lomba ikut juga para Bule pemilik Yacht memeriahkan lomba tersebut. Kegiatan yang unik dan tidak pernah terjadi di Kota Paling ujung batas wilayah RI ini, disebabkan ikut sertanya para Nakhoda Yacht dan Crews selaku peserta SMF.

“Sehingga tak heran hampir di semua titik perlombaan dipenuhi oleh warga masyarakat yang ingin menonton kegiatan yang unik mengikut sertakan Peserta SMF, mereka yang mengikuti aneka lomba rakyat itu terdiri dari Nahkoda dan crews, dari ke 17 kapal layar peserta Sabang Marine Festival ke II tahun 2016 “.

Minat masyarakat tertinggi atau terbanyak menyaksiksikan aneka lomba tradisional rakyat adalah pada perlombaan tangkap bebek, yang berlangsung di Dermaga CT 1 Pelanuhan sabang milik BPKS. Diperkirakan  ada  1.500 orang yang menyaksikan lomba tersebut di dermaga CT 1 milik BPKS yang berlokasi di gampong  Kuta Barat Kecamatan Sukakarya Kota Sabang.

Adapun aneka perlombaan rakyat tersebut yakni, lomba Dayung yang berpusat di Danau Aneuk Laot Gampong Aneuk Laot Kecamatan Sukakarya, dan untuk  lomba Tarik Tambang, lomba Bakiak, dan lomba Panjat Pinang, acara berlangsung di Lapangan Play Ground Gampong Kuta Ateh Kecamatan Sukakarya, kemudian untuk lomba Memancing ikan kegiatan berpusatkan di Dermaga Pelabuhan CT3 milik BPKS, Gampong Kuta Timu Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. .

Puncak dari kegiatan perlombaan adalah Lomba menangkap Bebek di Laut, yang pesertanya terdiri dari beberapa group. Setiap group yang dibentuk oleh masyarakat selaku peserta terdiri setiap groupnya 5 orang. Untuk menetukan juara pada lomba tangkap bebek dimaksud adalah, banyaknya bebek yang ditangkap oleh setiap group selaku peserta. Bebek yang ditangkap oleh para peserta, lokasinya didalam Laut dan menangkapnya harus berenang dengan bekerjasama rekan satu group dengan cara mengepungnya didalam air.

Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal, ketika ditemui Wapemred MOKI dilokasi selepas lomba mengatakan, aneka perlombaan rakyat yang melibatkan para Yachters ini sangat penting dilaksanakan. Pasalnya para Yashters tidaklah mengetahui sebelumnya cara-cara lomba itu dilaksanakan, namun demikian mereka sangat antusias agar dapat turut berlomba bersama-sama dengan masyarakat Sabang, kata Irwan.
“ Hal ini menandakan bahwa, masyarakat di Kota Sabang yang  Multi Etnis, dapat menerima kehadiran dan kunjungan kedatangan mereka para Yachters di Kota Sabang, untuk ikut SMF dan aneka lomba lainya, di Kota Paling Ujung Republik ini, yaitu KotaSabang Kota Parawisata“  

Perlombaan-perlombaan rakyat ini dibutuhkan kerjasama dan kekompakan, dengan begitu kita yakin ketika mereka mengikuti lomba, maka yachters-yachters itu akan merasa bahwa mereka diterima oleh masyarakat Sabang, dan hal itu akan diceriterakan oleh mereka di Negaranya bahwa Kota Sabang, Kota Parawisata khususnya wisata bahari, yang dapat menerima segala masam ras, suku dan bangsa, jelas Irwan Faisal.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Sabang Marine Festival II 2016 Fauzi Daud, ketika memberi keterangan mengatakan, bermacaam aneka macam lomba rakyat dan kegiatan lomba lainnya dilaksanakan dengan tujuan dapat terpublikasi sebagai salah satu media ajang  promosi, bagi yachters-yachters dunia, ujarnya.

Dimana dengan keterlibatan mereka, yang diharapkan oleh BPKS dari para Yachters adalah, agar mereka dapat menceriterakan, segala pengalaman-pengalaman yang di alami oleh mereka dan dapat membahagiakan kesemua peserta SMF, ketika kegiatan itu berlangsung.
                                                                                                                           
" Secara tidak langsung ini akan berdampak positif terhadap pertumbuhan pariwisata Kota Sabang, dan ini tentunya akan berdampak baik terhadap Peningkatan Ekonomi masyarakat "

Lebih lanjut pada keterangannya Fauzi Daud menjelaskan, para peserta lomba yang terdiri dari 17 kapal layar (Yacht), sangat terkesan dan sangat aspresiasi terhadap kinerja BPKS selaku panitia pelaksana Sabang Marine Festival ke II tahun 2016. Apalagi dengan aneka lomba rakyat yang dilaksanakan satu hari penuh, dan mereka sendiri dapat ikut menjadi peserta lomba rakyat, sehingga berbaur saling meraih juara.

Dan hal ini tidak ada terjadi di negaranya, sehingga ceritera tentang SMF ini akan menarik perhatian yang mendengarkannya dan akan menambah minat pendengar untuk berkunjung, menjadi peserta SMF yang akan datang, pungkas Fauzi Daud

Sementara dalam perlombaan rakyat, turut hadir Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal, Deputi Komersial Syafruddin Chan, Deputi Umum Chandra Hasan, Deputi Tekbang Fajri. Mereka mengikuti kegiatan dimaksud tanpa rasa jenuh satu hari penuh, sebab aneka lomba rakyat yang dipertandingkan dapat menahan langkah bagi siapa saja yang menyaksikan lomba.

(Red)
Keterangan Foto:
  1. Nahkoda Kapal Layar SY. Manta, Isabella, unjuk aksi dalam lomba rakyat balap karung, di Lapangan Play Ground, Kuta Ateuh Kecamatan Sukakarya Kota Sabang  
  2. Bule sedang unjuk aksi dalam kegiatan tarik tambang, yang dilaksanakan di Lapangan Play Ground, Kuta Ateuh Kota Sabang
  3. Para Bule unjuk aksi dalam kegiatan panjat pinang yang berlangsung Lapangan Play Ground, Kuta Ateuh Kota Sabang
  4. Peserta Group perlombaan tangkap bebek, di Dermaga CT 1 Pelabuhan Teluk Sabang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...