Senin, Juni 13, 2016

DPR-RI Siap Mempromosikan Pariwisata Sabang

MOKI – Sabang,….
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi X bersama Kementerian Pariwisata, mengujungi sejumlah objek pariwisata yang ada di pulau paling ujung barat Indonesia (P.Weh) Jumat (22/04-16). Dalam lawatannya tersebut, anggota Komisi X yang membidangi pariwisata itu berjanji akan mempromosikan pariwisata Sabang.

“Dalam setiap rapat Komisi X, Sabang selalu disebutkan, dan kita akan mempromosikan pariwisasat Sabang ke Nusantara, Indonesia, bahkan dunia,” kata Ketua Komisi X DPR-RI, Teuku Riefku Harsya di The Pade Hotel Balik Gunung Sabang, yang ikut didampigi oleh puluhan anggotanya, serta Walikota Sabang, Zulkifli H Adam, Anggota DPRK Sabang, Albina Arrahman, Asisten Administrasi Pembangunan, Kadis Pariwisata, Kabag  Humas dan unsur lainnya.

Teuku Riefky Harsya bersama rombongan Komisi X DPR-RI dalam lawatannya ke Pulau Weh berkunjung ke sejumlah objek pariwisata, diantaranya, Tugu Kilometer Nol Indonesia dan mengeliligi Pulau Rubiah dengan menggunakan Boat kaca sembari menikmati eksotisnya peseno alam bawah laut Sabang.

“ Sabang memiliki banyak objek wisata yang tak kalah menariknya dengan Bali, Lombok dan lokasi wisata lainnya di Indonesia. Pulau yang kecil ini lautnya sangat bersih, pesona alamnya sangat bagus, ada hutan, ada danau , air terjum dan banyak objek lainnya yang sudah mendunia, sabang memiliki objek wisata yang kompliet, ” kata Anggota Komisi X, DPR-RI, Noor Ahmad.

Komisi X DPR-RI juga berjanji, akan terus mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata agar industry pariwisata Pulah Weh bertumbuh kembangkan secara pesat dengan pengunjung terus  meningkat dengan itu pertumbuhan ekonomi masyarakat terus berkembang dan juga bisa menambahkan devisa Negara lewat potensi wisata.

Pemerintah Pusat terus mendorong perkembangan industry pariwisata seantero negeri Bineka Tunggal Ika. Sekarang industry pariwisata masih menduduki peringkat keempat penyumbang devisa Negara setelah Migas, Tambang, dan Sawet.

Sepuluh tahun kedepan diharapkan industry pariwisata menduduki peringkat pertama penyumbang devisa Negara, hal ini disebabkan Migas, Tambang, dan Sawet akan habis seiring waktu,” ujar politisi Aceh, Teuku Riefky Harsya yang telah tiga periode di DPR-RI.

Walikota Sabang, Zulkifli H. Adam pada kesempatan yang sama mengatakan, rombongan Komisi X DPR-RI dalam kunjungan kerja spesifik telah melihat sendiri pesona bahari maupun pesona alam Sabang. Dia mengharapkan kepada Komisi X, DPR RI tersebut, dapat membantu Pemerintah Kota Sabang dalam upaya  percepatan pembangunan sektor pariwisata, ujarnya.

Kita menaruh harapan, DPR-RI Komisi X mengusulkan percepatan pembagunan Pelabuhan Balohan Sabang yang mempunyai standar layaknya memasuki sebuah Maal sehingga para pengunjung maupun  wisatawan yang datang ke Sabang saat memasuki Pelabuhan memperoleh kesan yang menyenangkan,” harap Zulkifli H Adam yang biasa di sapa warganya Tgk Zul.

Lebih lanjut Zulkif H Adam berharap, Rombongan Komisi X dapat mempercepat dan memperhatikan problem air yang melanda Sabang, pasalnya Pulau Weh memiliki sumber mata air yang melimpah, namun karena keterbatasan anggaran maka belum optimalnya penditribusian air kepada warga maupun lokasi-lokasi wisata.

“Kita sangat menaruh harapan, rombongan Komisi X kita dapat mengusulkan dana untuk percepatan pendisbutrian air bersih ke masyarakat Pulau Weh yang berpenduduk 36 ribu jiwa ini, dan ke setiap objek wisata bisa tersalurkan dengan lancar serta merata,” ujarnya pula.

Pada kesempatan itu juga, Walikota Sabang, meminta kepada Komisi X dapat mempercepat pembagunan kampus Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) di Pulau Weh, dan tahun ini sudah mulai meneri praja, yang mana untuk sementara digunakan kampus Akper Ibnu Sina, di komplet Dinas Kesehatan Kota Sabang yang bertempat di Gampong Cot Ba U.

 “Pembagunan Kampus IPND di  Sabang merupakan janji Bapak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat berkunjung ke Sabang beberapa waktu lalu, dan kita berharap Komisi  X yang  turut membidagi Pendidikan dapat mendorong percepatan pembagunan kampus IPND tersebut,” pinta Zulkifli H Adam.

 Gubernur Aceh,  dr.Zaini Abdullah, melalui Staf Ahlinya Bidan Ke Istimewaan dan SDM mengatakan, Pemerintah Aceh mendukung penuh pembangunan Sektor Pariwista Kota Sabang, untuk itu Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kota Sabang terus berkeordinasi dengan optimal dalam upaya percepatan  pembangunan Pulau Weh.

Kementerian Pariwisata hadir Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata” Dadang Rizki Ratman mengatakan Pihak Kementerian Pariwisata mempunyai keordinasi yang baik dengan beberapa lembaga kementerian seperti kemenpera, Cipta Karya, Menhub dengan pihaknya akan terus berupaya mengsingkronisasi di setiap sektor sehingga pembangunan akan cepat dan tepat.

Menjelang keberangkatan, Rombongan DPR-RI juga menyempatkan diri berkunjung ke Pemandian Air Panas Jaboi Sabang yang di sambut oleh Keuchik Jaboi Muzakkir.

(Red)
Keterangan Foto  :
Ketua dan Anggota DPR RI Komisi X ketika kunjungannya ke Kota Sabang di Pulau Rubiah, KM 0 dan di The Pade Hotel 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...