Senin, Juni 13, 2016

Pelabuhan Marina Milik BPKS, Membuka Peluang Bagi Pengusaha


MOKI - Sabang,….
Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) membuka peluang kepada dunia usaha, agar dapat memanfaatkan peluang yang ada di Kota Sabang . Salah satunya terkait dengan Pengelolaan Pelabuhan Marina yang berada di kawasan Lhok Weng Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang.

Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal ketika memberi keterangan Persnya mengatakan bahwa, BPKS kini tengah melakukan pengembangan Pelabuhan Marina yang terletak di Lhok Weng, beberapa tahun terakhir ini.

Bahkan sampai saat ini BPKS akan terus dan terus berupaya untuk melengkapi fasilitas pendukung infastruktur seperti, jalan, air bersih, listrik, restoran dan fasilitas lainya. Hal tersebut akan dilaksaankan beberapa tahun kedepan sehingga, Pelabuhan Marina yang khususnya untuk Yacht (kapal layar) benar-benar dapat dimanfaatkan dan memasukkan PAD bagi Pemerintah,. ujar Irwan Faisal

Selama dua tahun terakhir ini, telah dilakukan pengembangan pelabuhan Marina di Lhok Weng, dan kini kita tinggal hanya mengundang para investor untuk dapat mengelolanya, tambah Irwan Faisal saat kegiatan parade kapal yacht yang berlangsung dalam rangka Fesifal Sabang Marine di Pelabuhan Marina Lhok Weng Iboih, Rabu (27/04) pagi.  

Mengingat pihak BPKS masih terus berusaha untuk melakukan pengembangan Pelabuhan Marina Lhok Weng, Irwan kembali mengajak para peserta Sabang Marine Festival II 2016, untuk dapat memberikan masukan-masukan dalam rangka melengkapi fasilitas.

“ Selain itu, untuk pelaksanaan Sabang Marine Festival III 2017 kedepan, Irwan kembali meminta masukan kepada para peserta Sabang Marine Festival, agar kedepan pelaksanaan event ini lebih meriah lagi “, tukasnya lagi.

Ketua Panitia Sabang Marine Festival II 2016, Fauzi Daud juga mengatakan hal sama saat di Dermaga Lhok Weng, Iboih. Pada kesempatan tersebut dirinya juga mengajak para peserta agar dapat mempromosikan Sabang kepada komunitas Yacht dunia, termasuk mengenai kemudahan regulasi yang didapati ketika singgahi Sabang.

Kedepannya kami berharap dapat memperkenalkan Sabang ke komunitas yacht, termasuk kemudahan perizinan QICP (Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai serta KSOP), ujar Fauzi Daud. 

Dalam kegiatan parade Yacht yang berlangsung di Pelabuhan Marina Lhok Weng Iboih, turut dimeriahkan tarian kolosal dari Sanggar tari kota Sabang, acara tersebut juga diisi oleh berbagai macam kegiatan lainya seperti, atraksi para motor dan wind surfing.

Pada kegitan tersebut turut hadir juga, Wakil Kepala BPKS, Irwan Faisal, para Deputi BPKS antara lain Chandra Hasan (Deputi Umum), Fajri Sulaiman (Deputi Tekbang), Syafruddin Chan (Deputi Komersial dan Investasi), Kapolres Sabang, AKBP Nurmeininggsih, para QICP dan Ketua Panita Sabang Marine Festival II 2016, jelas Ketua panitia Fauzi Daud.

Sebagaimana pada pemberitaan sebelumnya bahwa, Sabang Marine Festival II 2016, diikuti oleh 16 kapal Yacht dan terdiri dari kapal Morning Star (USA), Mariposa (jerman), Bernacle C (British), Thorfinn (Australia), Swift (British), Jenain (Afrika Selatan), Aku Ankka (USA), SY. Spailpin (Malaysia), ZOA (Australia), Calypso (Afrika Selatan), Dream Dancer (Australia), EN Pointe (USA), Cest Le Vent (Malaysia), Storm (British), SY Manta (British) dan SY Shadowfax (USA).

Kegiatan ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan aneka perlombaan rakyat seperti lomba memancing, dayung, permainan rakyat diantaranya, lomba bakiak, balap karung, tarik tambang panjat pinang, dan lomba membawa bawa kelereng.

Kemudian lanjutan dari kegiatan itu, para peserta juga akan melaksanakan tour ke sekolah-sekolah yang ada di Sabang dan juga akan tour ke Banda Aceh untuk mengunjungi situs-situs tsunami.

Pada pemberitaan Sebelumnya juga bahwa Nahkoda Kapal Layar Calypso, Paul Von Wiese, yang merupakan peserta Sabang Marine Festival 2016 mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh BPKS dimana, proses cheking QICP di Pelabuhan Sabang tercepat di Indonesia.

Dia juga mengaspresiasikan bahwa, Proses sangat bagus, sangat praktis tidak makan waktu. Dua tahun yang lalu kita perlu lima hari untuk Chek In, sekarang sangat cepat," kata Paul Von Wiese.

Paul juga memberikan tanggapan baik mengenai kepastian regulasi yang diterapkan oleh Tim QICP di Pelabuhan Sabang. Karena mereka merasa bahwa tim tersebut benar-benar profesional dalam memberikan pelayanan. "Tidak ada kutipan yang tak jelas. Dengan cara seperti ini pasti akan banyak yang datang", kata Paul melalui penterjemah BPKS, Nani.

(Red)
------------------
Keterangan Foto:

  1. Sejumlah peserta Sabang Marine Festival sedang berada di Pelabuhan Marina Lhok Weng, Iboih. Meski masih belum dilengkapi fasilitas pendukung, pelabuhan khusus Yacht ini memiliki indahan alam yang luar biasa. 
  2. Sedikitnya 16 Yacht berlabuh di Pelabuhan Teluk Sabang, untuk menghadiri kegiatan Sabang Marine Festival II 2016. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...