Senin, Juni 13, 2016

Sistem Navigasi KM Ekspres Bahari 2 F, Standart Internasional


MOKI - Banda Aceh,….
Pelayaran perdana KM. Ekspres Bahari 2 F, yang dioperasikan oleh PT. Pelayaran Inti Makmur, merupakan kapal jenis kapal cepat. Dan rute pelayaran yang akan dilayani kapal Ekspres Bahari 2 F itu adalah, dari Pelabuhan Ulhee Lheue, Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan Kota Sabang (PP).

Kapal yang didatangkan oleh PT. Pelayaran Inti Makmur ini, adalah kapal yang baru saja selesai dibangun di galangan kapal Tanjung Pinang, dan terbuat dari Aluminium, dengan system Navigasi terbaru berstandart Internasional, demikian dikatakan oleh Nakhoda KM. Ekspres Bahari 2 F, Capt. Surya, minggu (08/05-16) pagi, kepada Wapemred MOKI di Breeh KM Ekspres Bahari 2 F.  

Dia juga menjelaskan bahwa, KM. Ekspres Bahari 2 F diberangkatkan dari galangan kapal tempat kapal tersebut dibuat yaitu Tanjung Pinang hari kamis (05/05-16), pagi. Kemudian saat tiba di Pelabuhan Ulhee Lheue, pada hari Jum’at (06/05-16) pagi, sekitar jam 09.30. Wib. Dengan jarak tempuh dari awal hingga tiba di Pelabuhan Ulhee Lheue Banda Aceh, sekitar 654 Mil.

Jarak 654 Mil yang kami tempuh dan layari, adalah dengan kecepatan kapal, 25 s/d 26 Knout/jam. Dan sebelum pelayaran itu dilaksanakan, saya telah memperhitungkan jam layar yang akan kami tempuh adalah selama 24 s/d 26 jam. Perkiraan saya tidak meleset karena, selama pelayaran keadaan cuaca sangat bersahabat, ujarnya menjelaskan.

Capt. Surya mengatakan, KM. Ekspres Bahari 2F yang terbuat dari Aluminium mempunyai kecepatan maksimum 35 Knout/jam. Oleh karena itu, pelayaran dari pelabuhan Ulhee Lheue menuju pelabuhan Balohan, akan dilayari dengan kecepatan 27 Knout/jam, dengan demikian waktu yang dibutuhkan selama pelayaran hanya 40 menit.

Sementara jumlah Kru Kapal Ekspres Bahari 2 F adalah 12 orang, dan daya angkut maksimal penumpang yang diangkut adalah sebanyak 420 orang. Fasilitas yang disediakan kapal bagi penumpang pada pelayaran, hanya dua kelas yaitu, kelas VIP dan kelas Eksklusif, dan kedua kelas Full AC.

Kapal juga menyediakan Cafe mini dan Room Karaoke bagi penumpang, hal ini bertujuan agar para penumpang tidak jenuh ketika saat berlayar, dan juga dapat menyalurkan hobinya bagi yang mempunyai hobi menyanyi, ujarnya pula.

Untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang maka, disetiap lorong atau gang dan ruangan tempat duduk penumpang, di pasang CCTV yang dapat di control langsung oleh perwira jaga di Breeh.

Sitem Navigasi yang dilengkapi di kapal antara lain adalah, GPS, NAVTEC (Cuaca), Radar, Ekdis, AIS, Sistem Radar GMGS. Dengan kelengkapan alat Navigasi standart begini, maka pelayaran yang ditempuh akahn semakin mudah, dan kita tidak khawatir saat berlayar apalagi kapal terbuat dari Aluminium.

Nakhoda KM Ekspres Bahari 2 F, Capt. Surya adalah salah seorang putra Sabang yang telah lama menjadi Pelaut, dengan segudang pengalaman. Dia mulai bergelut dan berbisnis kapal cepat sejak tahun 2001, dan kapal cepat yang pertama kali didatangkan ke Sabang, dia juga yang mengambil sebagai Nakhoda.

Sampai dengan sekarang ini, sudah banyak mendatangkan dan mengambil kapal cepat yang akan melayari pelayaran dari Ulhee Lheue – Balohan. Sudah sebanyak 11 (sebelas) kapal, jenis kapal cepat yang diambil dan di Nakhodainya, saat pengambilan kapal, diantaranya, KM Ekspres Bahari 2 A, KM Ekspres Bahari C 1, KM Ekspres Bahari 3 C,  KM Ekspres Bahari 4 C, KM Pulau Rondo dan KM Pulo Dedap, dan yang lainnya, tukas Capt. Surya.

( Red)

Keterangan Foto :
  1. Nakhoda KM Ekspres Bahari 2 F, Capt. Surya, sedang memegang Power Stering di Breeh dan didepannya terlihat peralatan Navigasi secara komplit.  
  2. KM Ekspres Bahari 2 F, sedang akan merapat setelah dilakukan uji coba pelayaran oleh Sekdaprov Aceh, Walikota Sabang, Dan Lanal Sabang serta rombongan lainnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...