Senin, Juni 13, 2016

Pawai Budaya, Mengawali Festival Sabang Fair ke III Dan TTG ke 11 2016



MOKI – Sabang,…..
Pegelaran Festival Sabang Fair yang ke III, dan Teknologi Tepat Guna (TTG) se- Aceh ke-11 Gubernur Aceh diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Aceh, Dr.Muzakar A Gani secara remi membuka Festifal Sabang Fair ke 3 dan Tekhnologi Tepat Guna Sabang, Sabtu (21/05/2016).

Pembukaan Festival diawali dengan pelepasan Lomba Pawai Budaya oleh Gubernur Aceh diwakili Asisten Bidang Pemerintah, Dr. Muzakar, didampingi Walikota Sabang Zulkifli H Adam. Pawai yang dilepas dari depan Kantor Wali Kota Sabang itu, diikuti peserta dari beberapa  Kabupaten/Kota se Aceh, serta beberapa utusan dari beberapa sekolah yang ada di Kota Sabang.

Pawai yang diawali dari depan Meuligo Walikota Kota Sabang dan kemudian dilanjut menuju arah Simpang Garuda dan berbelok kearah Jalan O. Suropati. Selanjutnya menuju ujung jalan O. Surapati dan berbelok di simpang SDN 02 menuju Jalan Teuku Umar, dan turun dijalan depan Rumah Sakit Umum Daerah Sabang. Kemudian pawai berbelok kearah Pantai Paradiso menuju jalan Malahayati, dan Pawai diakhiri di Arena Sabang Fair tempat kegiatan Lomba Seni dan Budaya, dan  sekaligus pembukaan Festifal Sabang Fair ke 3 tahun 2016.

Ass. Bidang Pemerintahan Pemprov Aceh, Muzakar A Gani yang membuka  acara Fetival Sabang Fair dan Tekhnologi Tepat Guna, dan membacakan pidato sambutan Gubernur Aceh mengatakan, kegiatan Sabang fair merupakan salah satu festival melestarikan tradisi dan adat serta budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Kemudian, Festival ini juga dapat  menunjukkan kepada mata dunia bahwa, Kota Sabang bukan hanya memiliki keindahan alamnya saja, tetapi Kota Sabang juga memiliki keindahan ragam seni dan budaya. Dengan demikian akan dapat memancing minat para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, ujar Muzakar.

Dia juga berharap bahwa penyelenggaraan TTG ke 11  tahun 2016 yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Sabang Fair ini, dapat mampu menyebarluas sebagai informasi berbagai teknologi. Potensi daerah diharapkan dapat mampu memberikan manfaat kepada para masyarakat  dalam berinovasi  untuk  meningkatkan perekonomian daerah.

Melalui TTG ini, masyarakat  bisa  mendapatkan  berbagai  informasi mengenai  teknologi  yang  dapat  dimanfaatkan  untuk meningkatkan  produktivitas  usaha. Masyarakat harus terus selalu didorong agar sadar akan gunanya Tekhnologi, sehingga usaha yang dikembangkan lebih  produktif dapat memberi  hasil  yang lebih maksimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tim khusus dari Pemerintah Aceh akan  menilai  dan  menyeleksi  tekhnologi yang  dianggap  paling  kreatif,  dan  mudah  diaplikasikan dalam   pengembangan  usaha. Kemudian mereka para pemenang yang dianggap terbaik, akan diikut sertakan pada gelar  TTG  tingkat Nasional  ke-28 mendatang, di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
.
Kegiatan Festival Sabang Fair (FSF) itu akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan diantaranya, Lomba Pawai Budaya, Cagok/Lawak Festival, Tari Kreasi Baru Aceh, Musik Etnik Kolaborasi Aceh Modern, Pameran Anjungan dan Pameran Teknologi Tepat Guna yang akan berlansung selama lima hari dari tanggal 21 Mei sampai 25 Mei.

(Red)

 =====================================================================
Keterangan Foto  :  
1. Juara 1 Lomba Pawai Kebudayaan dari Kabupaten Aceh Tengah pada Festival Sabang Fair ke III tahun 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...