Jumat, Juli 31, 2020

Warga Kota Banda Aceh 69 Orang Positif Covid 19

Walikota Banda Aceh Minta Warga Waspada, Karena Dalam Dua Hari 69 Warga Kota Kasus Positif Covid 19  

  

Banda Aceh - SZAN,…

Berdasarkan data pada hari ini, kasus COVID 19 di Provinsi Aceh bertambah menjadi 103 Kasus, dan 32 kasus diantaranya adalah warga Kota Banda Aceh. Dengan semakin tingginya kasus positif Covid-19 di Aceh, maka masyarakat harus lebih waspada. Apalagi khusus warga Kota banda Aceh karena, kasus yang tertinggi di Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh adalah yang terjadi di Kota Banda Aceh. 

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman Jumat (31/7/2020), meminta pada warga Kota Banda Aceh untuk meningkatkan kesiagaan serta menjaga diri dan senantiasa mawas diri dari penularan Virus Corona yang jadi penyebab penyakit COVID 19, hal ini sangalah penting untuk memangkas penularan. 

Semua penyampaiannya bukan tanpa alasan, untuk hari ini kasus COVID 19 semakin bertambah saja dan yang tertinggi terjadi di Kota Banda Aceh. Hari ini ada saja 32 warga Banda Aceh yang positif, dari 103 kasus yang terjadi, tutur Aminullah.  bertambah di Aceh, ungkap Aminullah, 

Perlu diketahui oleh warga kota bahwa, dalam dua hari terakhir ini, untuk wilayah kota Banda Aceh sendiri, angka penyebaran Covid-19 telah mencapai 69 kasus, dan kemarin saja telah terjadi 37 kasus warga Kota Banda Aceh. Karena itu saya meminta kepada warga Kota Banda Aceh agar dapat menjaga diri dan keluarga untuk tidak tertular Virus Corona. 

Terlebih lagi dalam suasana hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, semua harus mampu menjaga diri untuk tidak berinteraksi dengan orang lain. Begitu jangan diabaikan  segala anjuran dari protokol kesehatan. Bila bepergian kemana saja harus memakai masker dan selalu mencuci tangan memakai sabun, serta jaga jarak minimal 1,5 meter antar sesame, tukas Walikota Aminullah Usman.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, sampai dengan sekarang ini, belum ada cara untuk menangkal Virus ini dan belum ada penawar Virus Corona. Karena itu penting menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dengan cara memakai masker, maka risiko penularannya bisa ditekan hingga lima persen. 

Dilanjut mencuci tangan dengan sabun sesuai dengan standar WHO, karena akan mematikan virus. Dengan menjaga jarak aman, agar kita tidak terkena percikan droplet yang menjadi media penyebaran virus. Dan jika kita semua patuh, Insya Allah kasus Covid-19 dapat ditekan. Selain itu Ia juga menekankan pentingnya melakukan pemeriksaan baik rapid test maupun tes swab terutama bagi mereka yang pernah terkontak dengan pasien positif Corona. Walau kita merasa sehat, bisa saja virus sudah masuk, tukas Aminullah. 

Diharapkan kepada masyarakat khususnya waraga Kota Banda Aceh, apabila melakukan pemeriksaan kesehatan, jika hasilnya reaktif atau positif, segera lakukan  isolasi mandiri, dan hubungi tenaga medis untuk perawatan lebih lanjut, dan ingat  Corona ini bukan aib, jadi tak perlu ditutup-tutupi. 

Bila kita melakukan Isolasi mandiri selama 14 hari itu sangatlah penting sekali, pasalnya melakukan isolasi itu tujuannya agar keluarga dan orang-orang yang kita cintai tidak ikut tertular, ujar Walikota Aminullah. 

Aminullah Usman menegaskan kepada Satpol PP/WH, agar mengintensifkan razia penerapan protokol kesehatan di ruang publik, terutama warung kopi (warkop) dan cafe-cafe. Selanjutnya Harus dipastikan bahwa semua pengunjung menjaga jarak, memakai masker, dan pihak pengelola wajib menyediakan tempat mencuci tangan.

 

Sementara itu, Kadis Kesehatan Aceh Hanif pada keterangannya mengatakan, karena semakin tingginya kasus Covid di Aceh, dan hari ini bertepatan dengan hari pertama Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, 103 orang terkonfirmasi positif corona, dan Ini rekor tertinggi di Aceh sejak medio Maret lalu. Berdasarkan tempat domisilinya, para pasien baru masuk itu terbanyak berasal dari Kota Banda Aceh sebanyak 32 orang. 

Bertambahnya 103 pasien corona hari ini, maka total orang yang terinfeksi Covid-19 di Aceh sejak Maret lalu mencapai 415 orang. Rinciannya adalah, 12 orang meninggal dunia, 94 orang sembuh, dan puluhan orang lainnya sedang dirawat di berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Aceh, dan 69 orang yang sedang menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing, pungkas dr Hanif. 

(Tiopan. AP)

Keterangan Foto  :

Walikota Kota Banda Aceh Aminullah Usman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...