Kamis, Juli 02, 2020


Mahasiswa Hukum Unsyah Bantu Warga Aceh Barat Dalam Rangka Cegah Covid 19


Aceh Barat - SZAN,….
Dengan semakin merebaknya wabah covid 19 didalam wilayah Kabupaten Aceh Barat serta semakin ditingkatkannya upaya pencegahan guna memutus mata rantai penularan wabah virus corona. Maka mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tematik covid-19 Unsyiah tahun 2020 di Aceh Barat, diarahkan untuk melakukan program pencegahan, penanggulangan dan edukasi kepada masyarakat terkait wabah virus corona yang meresahkan dunia.

Salah seorang mahasiswi Mutiara Marni, (21) fakultas Hukum Unsyiah angkatan 2017 yang sedang mengikuti KKN tematik covid-19 di Gampong Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Mutiara marni merangkai upaya pencegahan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dalam waktu kurang lebih 60 hari di tempat domisilinya KKN.

Dalam kegiatan program yang dilaksanakannya membantu gampong seperti membagikan masker, membagikan cairan disinfektan kepada warga, termasuk membagikan brosur edukasi pencegahan serta penanggulangan covid-19 serta juga melaksanakan menamam berbagai jenis tanaman herbal di area Kantor Keuhik Gampong Ujung Baroh.

Pada keterangannya Rabu (01/07/20) Mutiara Marni mengatakan, sebenarnya saya agak sedikit canggung berbicara di bidang pertanian sebab saya kuliah di Fakultas Ilmu Hukum, namun karena tema KKN pada tahun ini Pencegahan covid-19, oleh karena itu  saya berinisiatif membuat taman herbal agar dapat dimanfaatkan oleh warga dalam menjaga imunitas tubuh, untuk menghindari terpaparnya virus corona, ujar Mutiara.

Lebih lanjut Mutiara mengatakan, jenis tanaman yang ditanam sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti kita ketahui bersama bahwa hal itu sempat viral di dunia maya beberapa waktu lalu, seperti tanaman jahe, lengkuas, jahe merah, temu putih, batang sereh, kunyit, kencur serta temulawak.

Mekipun wabah Covid-19 yang sedang melanda kita namun hal ini tidak menyurutkan semangat untuk berbuat di gampong ini. Serambi menyelesaikan kuliah melalui program KKN tematik Covid-19, semua hal yang saya laksanakan bersama rekan mahasiswa lainnya dapat bermanfaat bagi warga disini, ujar Mutiara marni.  

Dikatakannya juga, tanaman yang kami tanam ini lahannya adalah milik gampong, jadi segala tanaman itu akan aman dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya warga ujung baroh. Dan kini tanaman itu telah tumbuh dengan suburnya dan setiap hari harus dilakukan perawatan dengan cara menyirami tanaman tersebut.

Pada KKN tahun ini ada kegiatan  inisiatif sendiri karena KKN kali ini berbeda dengan KKN sebelumnya, dimana masing-masing mahasiswa KKN ditempatkan di daerah asal. Makanya selama ini saya melakukan kegiatan ini sendiri, hal itu karena rekan rekan saya tidak berdomisili di Ujong Baroh, kata Mutiara.

Pada kesempatan yang sama, Keuchik Gampong Ujong Baroh Daswin mengatakan, keberadaan Mahasiswa yang melakukan KKN di desanya, sangat membantu tugas-tugas aparatur gampong setempat karena telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Dengan adanya kehadiran mahasiswa selama ini sangat bermanfaat bagi kami, seperti ada kegiatan sosialisasi tentang bahaya dan pencegahan virus corona, dan pembagian masker serta kegiatan lainnya. Kami berharap semoga ilmu yang diperoleh disini bisa dapat membantu menyelesaikan sebagian tugas akhir kuliah, serta setelah selesai studynya mereka dapat memanfaatkan kesarjanaannya saat mereka bekerja, pungkas Daswin Keuchik Ujung Baroh.

(SN)
Keterangan Foto  :
Mahasiswi Fakultas Hukum Unsyah Banda Aceh Mutiara Marni


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...