Rabu, Desember 20, 2017

Puluhan UKM Mengikuti Pelatihan oleh BPKS

Sabang - ZSAN….
Dalam upaya peningkatan kapasitas pelaku industry dan perdagangan di Kawasan Sabang, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) memberikan pembinaan kepada puluhan UKM di Kota Sabang, Selasa (19/12-17) pagi.

Tujuan BPKS melaksanakan kegiatan  pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan para UKM di Kota Sabang dapat dan mampu bersaing serta mampu berkreasi dalam  menciptakan produk-produk yang diminta oleh pasar. Sehingga kedepannya nanti, produk-produk yang dihasilkan UKM di Sabang mampu berkarya menjadi daya saing Global.

Kegiatan ini dilaksanakan selama sehari di Mata Ie Resort Gampong Ujung Kareung Kecamatan Sukajaya Kota Sabang.  BPKS menghadirkan para Nara Sumber dari berbagai bidang seperti dari Kadin Aceh, Kementrian Luar Negeri, Bea dan Cukai Kota Sabang serta dari Pengusaha UKM.

Kepala BPKS, Fauzi Husin melalui Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan ketika membuka acara Pelatihan UKM pada kata sambutannya mengatakan, kegiatan forum pembinaan pelaku usaha dilaksanakan dalam rangka mendorong dan mengajak para pelaku usaha, yang tergabung dalam wadah UKM di Kota Sabang untuk pro aktif.

Salah satunya adalah dengan cara bahu-membahu dan menjalin kerjasama untuk membangun ekonomi Kawasan Sabang, guna menghasilkan produk yang punya nilai daya saing global. Tentunya dengan memanfaatkan peluang dan fasilitas yang ada sekarang ini sebagai kawasan Free Port dan Free Trade Zone, ujar Syafrudin.

Dari kegiatan ini diharapkan para pelaku UKM dapat mendapatkan pencerahan untuk bagaimana menciptakan sesuatu, agar dapat menjadi salah satu produk yang diminati. Chan juga menambahkan bahwa, pembinaan pelaku UKM di Sabang pada bidang industry, mereka diberikan motivasi agar memproduksi souvenir unik khas sabang, yang dapat dibeli oleh wisatwan saat berkunjung ke Sabang.

Sedangkan dibidang perdagangan mereka diajarkan untuk mengimpor barang bebas bea dalam partai kecil untuk dapat dijual kembali ke Sabang.

Syafruddin Chan juga menjelaskan bahwa, mereka para peserta pelatihan diajarkan untuk bagaimana tata cara belanja online, dari situs luar negeri dengan fasilitas pos, lalu bea yang digagas oleh Bea dan Cukai. Sehingga barang yang diimpor dari luar Sabang bisa bebas pajak," jelasnya.

Lebih lanjut Syafrudin juga mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sekarang perkembangan bisnis dunia saat ini sangatlah cepat dan berubah, sesuai dengan kebutuhan zaman menuju pada kualitas, ketepatan dan efesiensi. Perkembangan teknologi IT, yang serba mudah, murah dan cepat, menuntut sebuah unit bisnis untuk bekerja secara efesien agar bisa bertahan untuk maju.

Oleh sebab itu, mau tidak mau, dan suka tidak suka, perubahan ini harus diikuti agar unit bisnis yang dikelola bisa tetap eksis. Salah satu peluang yang sangat besar untuk dikembangkan di Kawasan Sabang saat ini dan dimasa akan datang adalah sektor pariwisata dan industri turunannya.

Karena itu melalui kegiatan ini kami mengharapkan bapak dan ibu dapat memberikan masukan dan saran-saran brilian untuk menggerakkan ekonomi di kawasan Sabang sebagaimana yang diharapkan, tukas Syafruddin Chan.

(Redaksi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...