Sabtu, April 02, 2016

Rutan Kelas II B di Razia Polres Sabang

MOKI – Sabang,…..
Kepolisian Resort (Polres) Sabang, hari Rabu (30/03-16) pagi, melakukan razia ke Rmuah Tahanan (Rutan) kelas II B Sabang. Dalam razia mendadak yang dilakukan oleh pihak Polres, ditemukan banyak barang-barang yang dilarang dan seharusnya tidak boleh ada di kamar tahanan, seperti pisau carter dan Mancis gas. Dan para penghuni Rutan sangat terkejut atas razia yang dilakukan oleh pihak Polres Sabang.   

Para penghuni Rutan Kelas II B Sabang, sangat terkejut dan tersentak dengan adanya Razia Narkoba yang dilaksanakan oleh pihak Polres Sabang, pada Rabu pagi (30/03). Apalagi keseluruhan penghuni Rutan dikumpulkan menjadi satu di lapangan Volley yang berada ditengah-tengah kamar para tahan.   

Usai Razia, Kapolres Sabang AKBP.Dra.Nurmeiningsih ketika ditemui oleh MOKI dan meminta keterangan hasil Razia tersebut dikatakannya, Razia mendadak ini dilakukan untuk memeriksa para penghuni Rutan apakah ada yang melakukan hal yang dilarang sesuai ketentuan yang berlaku, seperti pemasukan dan pemakaian Narkoba, atau senjata api dan senjata tajam maupun jenis barang terlarang lainnya.

Satu persatu para tahan digeledah keseluruh tubuhnya dan isi kantong serta dompet yang ada disaku mereka. Keseluruh isi kamar tahan turut digeledah oleh satuan Narkoba Polres dan satuan Reskrim, dari penggeledahan tersebut ditemukan barang-barang terlarang yang seharusnya tidak boleh berada di kamar tahan.  

Kapolres Sabang AKBP Numaeningsih yang didampingi Wakapolres Kompol Warosidi, dan Kabag Ops Kompol H. Abd. Manaf serta Kasat Narkoba Ipda Rivandi pada keterangan Persnya mengatakan,  Razia ini kita lakukan sebagai tindak lanjut kegiatan pembersihan dari kejahatan yang sering dilakukan oleh para tahan, seperti yang terjadi di Lapas dan Rutan yang ada di Indonesia. 

Pada Razia ini tidak ada ditemukan jenis Narkoba, tetapi yang ditemukan adalah jenis barang-barang lainnya yang dilarang dan seharusnya tidak boleh ada di dalam kamar para tahanan. Barang-barang larangan yang ditemukan, 16 pcs mancis gas, 4 pcs gunting, 2 pcs pisau lipat jenis pisau carter, 1 bungkus kertas pembungkus rokok (piper), 1 buah obeng, 6 set kartu joker dan sejumlah obat-obatan.

Seluruh hasil temuan pada razia ini nantinya akan dimusnahkan, pada tanggal 27 April 2016 saat HUT Lembaga Pemsayarakatan mendatang. Bagi para Napi dan tahanan ingin mendapat predikat Napi terbaik dan mendapatkan Remisi, agar tidak menggunakan Narkoba ataupun tindak kejahatan lainnya saat dilakukan pembinaan oleh para Sipir Rutan Kelas II B Sabang, ujar Kapolres AKBP Numaeningsih.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Rutan Kelas II B Sabang, Yusrizal ketika dimintai keterangannya mengatakan, beberapoa hari sebelumnya pihak Ruutan Sabang juga telah menlakukan razia terhadap para penghuni Rutan. Ketika itu pihaknya menemukan 3 buah Hand Phone (HP), dan barang bukti tersebut akan dimusnahkan pada tanggal 27 April 2016 mendatang saat Hari Ulang Tahun Kehakiman Republik Indonesia, ujarnya.

Barang bukti Hand Pone tersebut telah dikirimkan ke Kanwil Kehakiman Provinsi Aceh untuk dimusnahkan, bersama dengan barang bukti lainnya yang ditemukan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah tahan Negara yang ada di Provinsi Aceh. Pemusahannya bersamaan dengan HUT Kementrian Kehakiman RI, tanggal 27 April 2016, tukas Yusrizal.

Pada Razia mendadak yang dilaksanakan di Rutan Klas II B Kota Sabang dipimpin oleh, Kapolres Sabang AKBP..Dra.Nurmeiningsih, yang didampingi Wakapolres Sabang Kompol.Warosidi,SH, Kabag. ops. Kompol H. .Abd Manaf, dan Kabag. Sumda AKP.Faizal, serta Kasat Sabhara AKP.Husni, Kasat Narkoba Ipda. Rivandi Permana, dan puluhan personil Polres. Mereka disambut oleh Plt. Kelapa Rutan Kelas II Sabang, Yusrizal dan para petugas Rutan

(Red)
 ================================================================
Keterangan Foto :

  1. Ketika kamar para tahan di periksa dan digeledah oleh pihak Polres.
  2. Para tahan berjumlah 28 orang yang dikumpulkan di lapangan Voley Ball Rutan kelas II Sabang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...