Sabtu, April 02, 2016

Peserta Reuni Diajak Manfaatkan Kemudahaan Free Port Sabang * Clean and Green Disambut Antusias

MOKI – Sabang,….
Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Fauzi Husen, menawarkan kepada seluruh masyarakat dan peserta Reuni lintas Alumni untuk dapat memanfaatkan kemudaan bebas pajak impor yang diberlakukan di Kawasan SabangDengan kemudahan bebas pajak impor yang berlaku di Kota Sabang ini, dapat mendorong tumbuhnya industry, ini merupakan peluang baik yang dapat dimanfaatkan, ujarnya minggu (27/03-16), pagi.

Dikatakannya juga, salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan yakni dengan mengimport kacang kuning sebagai bahan baku berbagai macam industri, salah satu produksi yang dapat dihasilkan adalah Tahu, Tempe atau berupa makanan lainnya.

" Kalau ada yang ingin membuat industri yang berbahan baku kacang kuning, kita bisa impor dan ini bebas pajak," ujar Kepala BPKS Fauzi Husin kepada peserta Reuni Lintas Alumni kota Sabang yang hadir pada kegiatan clean and green di Pantai Sumur Tiga ,gampong Ie Meulee Kota Sabang.

Menurutnya, jika memanfaatkan regulasi yang diberlakukan di Kawasan Sabang ini, maka akan terbuka peluang usaha untuk membuka industri di Sabang dengan memanfaatkan bahan baku dari luar negeri seperti Thailand dan negara lainya.

Dia menambahkan, komoditi tersebut diimpor ke Sabang kemudian diolah, dan setelah menjadi produk yang bisa dikonsumsi di Sabang, kememungkinannya hasil olahan tersebut bisa dibawa keluar Sabang. Dan ini merupakan peluang, khususnya yang menggunakan bahan baku Kacang Kuning, dan Tepung Terigu, kalau bahan baku gula dapat dibuat syrup seperti yang dilakukan oleh Perusahaan Syrup Strow berry.

Karenanya, Fauzi berharap agar para lintas alumni yang berada di luar Sabang dan ingin membuka usaha di Sabang, dapat memanfaatkan kemudahan yang ada dengan cara memasok bahan baku dari luar negeri dengan fasilitas bebas pajak impor, tyukas Fauzi Husen.

Clean and Green
Sementara itu, masih dalam kegiatan yang sama, peserta Reuni lintas Alumni sangat antusias mengikuti gerakan Clean and Green yang dilaksanakan oleh BPKS, meski cuaca kurang bersahabat karena turun hujan dengan lebatnya menguyur tempat kegiatan dan Kota Sabang, namun tidak mengurungkan niat para Reuni Akbar Lintas Alumni se Kota Sabang untuk melaksanakan kegiatan dan meninggalkan tempat kegiatan Clean and Green.

“ Mereka sangat antusias mengikuti tahapan-tahapan kegiatan hingga sore hari tanpa merasa terganggu dengan buruknya cuaca yang melanda Kota Sabang saat itu ’.

Menurut Peserta Reuni, kegiatan ini sangat penting dalam rangka memotivasi warga masyarakat lainya untuk sama-sama menjaga kebersihan di Kota Sabang ini. Dimana dengan Bersih tentunya akan menambah minat kunjungan wisatawan ke Sabang.

Ketua Panitia Sabang Clean and Green Fauzi Daud mengatakan, Kegiatan Clean and Green diharapkan dapat menjadi "motor" untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk sama-sama mewujudkan Kota Sabang yang bersih, asri dan hijau, sebagaimana yang diharapkan oleh seluruh masyarakat kota Sabang khususnya dan masyarakat Aceh pada umumnya, ujarnya.

Untuk menciptakan, suasana Sabang yang nyaman dan asri, tentunya perlu ada gerakan untuk membangkitkan semangat kepada semua pihak untuk sama-sama dapat menjaga keasrian daerah di berbagai sisi, baik itu laut maupun darat.

Karena itu, melalui kegiatan ini dirinya berharap dapat meningkatkan rasa perduli terhadap lingkungan dan melalui Clean and Green dapat mengajak masyarakat melakukan pembersihan yang dimulai dari lingkungan sendiri, harapnya pula.

Dikatakannya, dalam kegiatan ini BPKS bersama Badan Lingkungan Hidup Kota Sabang dan Dinas Pendidikan melakukan penyeleksian terhadap sekolah-sekolah yang bersih sesuai dengan tema Clean and Green.

Sedikitnya ada 10 sekolah dari tiga jenjang mendidikan mendapatkan julukan sebagai sekolah Clean and Green. Untuk tingkat SD, juara pertama jatuh pada SDN 11, kemudian SDN 08, SDN 12, dan sebagai Juara harapan jatuh kepada SDN 20.

Sedangkan untuk tingkat SMP, juara pertama direbut oleh SMPN 6, Juara ke 2 SMPN 5 dan juara ke 3 SMPN 4. Selain itu pada katagori tingkat SMA juara pertama direbut oleh SMAN I, juara ke 2 SMAN II dan juara ke 3 diraih oleh SMKN.

Dengan keberhasilan meraih prestasi ini, diharapkan sekolah-sekolah yang menjadi juara dapat memotivasi sekolah-sekolah lainya yang ada di Kota Sabang, untuk menjadi sekolah Clean and Green," ujar Fauzi Daud.

(Red)
Keterangan Foto:
1.    Kepala BPKS, Fauzi Husen bersama Ketua Panitia Reuni Lintas Alumni, Imran Ibrahim menyantuni anak yatim dalam kegiatan Clean and Green.

2.      Fauzi Husen bersama Ketua Panitia Reuni Lintas Alumni Kota Sabang memasukan sampah ke mobil sampah, pada sela-sela kegiatan clean and green, minggu (27/3) di pantai Sumur tiga.  

3.      Kepala Sekolah SMA 1 Sabang, menerima hadiah juara pertama sekolah Clean and Green yang diserahkan oleh Ka. BPKS Fauzi Husen.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...