Sabtu, Januari 06, 2018

Sutradara Negeri Dongeng Anggi Frisca ; KUN Akan Buat Film Pendek Sinema Kaki Gunung

Sabang - ZSAN,..
Nonton bareng Sinema Negeri Dongeng yang difasilitasi oleh Kodim 0112/Sabang yang di Sutradarai oleh Anggi Frisca lulusan IKJ terbilang sukses, karena disaksikan oleh lebih dari dua ribuan masyarakat, yang terdiri dari anak sekolah dan para pemuda serta PNS yang ada di Kota Sabang. KUN akan melaksanakan ekspedisi Sinema Kaki Gunung berupa Film pendek di Kota Sabang.

Sutradara Sinema Negeri Dongeng Anggi Frisca ketika di wawancarai di lokasi pemutaran Film mengatakan, spirit sinema Negeri Dongeng ini sebenarnya dibuat dari bagaimana saya melihat Indonesia, dan bagaimana saya melihat bahwa adal hal yang harus digaungkan untuk anak-anak muda masa kini, katanya.  

Anggi juga mengatakan, bagaimanapun juga semangat cinta tanah air ini harus mulai muncul dari anak-anak muda, sebab peregerakan atau berhasilnya satu daerah itu karena anak-anak muda itu masih punya semangat Cinta Tanah Air, dan semangat Sumpah Pemuda.

Karena di Kota Sabang tidak mempunyai Bioskop maka Film Negei dongeng ditonton secara gratis dengan nonton bareng, dan film ini telah diputar di 52 Kota yang ada di Indonesia. Respon para anak muda dari 52 Kota sangat bagus, sehingga mereka mempunya inisiatif sendiri untuk bagaimana caranya agar dapat memutar Film Negeri Dongeng di daerahnya. Kalau untuk pemutaran Film Negeri Dongeng secara gratis di Kota Sabang, kita berkolaborasi dengan pihak Kodim 0112/Sabang dan Pemerintah Kota Sabang, ujar Anggi Frisca.   

Lebih lanjut Anggi juga menjelaskan bahwa, mengenai kata kata KUN itu sebetulnya Non Govermant Organisation. Misi KUN itu sendiri adalah pelayanan masyarakat, dan pelayanan masyarakat itu tidak cuma sekedar Kesehatan dan Pendidikan, tetapi KUN mencoba pola bagaimana caranya menyajikan pendidikan itu bisa lewat tontonan.

Karena kami terdiri dari berbagai macam latar belakang, dan ada yang statusnya Dokter, dan kebetulan fondernya (produser) dr. Chandra dan saya sendiri Comfondernya yang mempunyai latar belakang Film, oleh karena itu pelayanan masyarakat itu tidak cuma hanya sekedar pendidikan dan kesehatan, tetapi inilah cara kami untuk memberikan pelayanan masyarakat lewat tontonan, kata Anggi pula.

Mengenai biaya pemutaran Film adalah secara bergotong royong, seperti di beberapa daerah melakukan nonton bareng yang diinisiasi oleh para penggalang dana, mereka menggalang dana dengan target dari Sabang sampai Merauke. Dananya itu adalah hasil dari gotong royong, dari teman-teman di Kota mengumpulkan dana, agar kami bisa berangkat ke Kota Sabang dan memberikan pelayanan ini.

Saya dan teman-teman semua ini berekspedisi, dengan tujuan bagaimana meregenerasikan yang kami sebut Advance Film Maker, dan teman-teman yang baru ini telah mencoba membuat film baru dan langsung masuk ke area masyarakat Sabang. Dan nanti mungkin ada karya film pendek sedikit dari yang bukan siswa, tapi yang berekspedisi dari Sinema Kaki Gunung. 

" Kegitan yang kami namakan Ekspedisi Kaki Gunung ada berkarya sedikit, menyampaikan media komunikasi masa, bagaimana peran film ini menyampaikan, apa sih kepengen dan mimpinya masyarakat Sabang tentang Kota Sabang ", tukas Anggi Frisca.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, ketika Redaksi ZSAN menemui salah seorang masyarakat yang nonton bareng, Purwanto (53 thn) penduduk asal Kuta Barat yang menonton membawa 3 orang anaknya menanggapi, cerita Film Negeri Dongeng yang di sajikan pada tontonan gratis ini merupakan satu cerita yang mendidik anak-anak khususnya usia sekolah, agar dapat mencintai negerinya dan semangat tinggi pantang menyerah, ujarnya.

Dia juga mengatakan, tujuh orang pemeran film Negeri Dongeng menyajikan kebersamaan satu rasa dan karsa agar dapat mencapai satu tujuan. Hal ini telah lama hilang dari masyarakat karena tidak ada lagi rasa memiliki khususnya daerah, terpecah belah oleh masukan dan majunya tekhnologi telekomunikasi sehingga gampang terhasut.

Dengan diputarnya Film ini, mudah-mudahan para anak-anak sekolah dan para pemuda generasi Kota Sabang dapat mengambil hikmahnya, agar tidak dapat terprovokasi oleh kemajuan tekhnologi khususnya pengaruh luar negeri. Milikilah Negeri ini khususnya Kota Sabang yang kita diami ini, agar kedepan tidak dirampas da tergilas oleh kemajuan zaman sehingga kita menjadi tamu di negeri sendiri, kata Purwanto alias Anto Bewok. 

(Redaksi)
=======================================================================
Keterangan foto  :
1.      Anggi Friska Sutradara Film Negeri Dongeng
2.      Purwanto (Anto Bewok) ketika Nonton Bareng di lapangan Yos Sudarso (05/01-18) malam.



    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...