Kamis, Maret 29, 2018

Rambu Suar Penuntun Pelabuhan Lamteng Mati dan Tidak Berfungsi


Pulau Nasi Aceh Besar - ZSAN,…
Rambu Suar Penuntun milik Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Besar yang fungsinya untuk menuntun masuknya Kapal ke Pelabuhan, sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya alias mati total. Gang Way yang baru dibangun tahun 2016 sudah pada karatan, dan atapnta banyak yang diterbangkan angina, perlu perhatian dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Hal tersebut dikatakan oleh masyarakat di Desa Lamteng Pulau Nasi Kecamatan Pulau Aceh, padahal Rambu Penuntun masuk ke Pelabuhan Lapeng sangatlah Vital terutama untuk Kapal Roro dan Nelayan sekitar ketika pulang melaut disaat malam hari.

Pantauan Redaksi ZSAN saat Investigasi di lokasi Pelabuhan Roro Desa Lapeng milik Dinas Perhunbungan Aceh Besar, kondisi Menara Rambu Suar yang berada di wilayah Pelabuhan sudah karatan dan lampu serta peralatan lainnya sudah tidak ada lagi di kedua Menara Rambu Suar Penuntun tersebut.

Kondisi itu terlihat sudah tahunan dan tidak ada dilakukan perawatan, padahal Rambu Suar Penuntun tersebut Vital bagi pelayaran. Begitu juga dengan kondisi Gang Way yang sudah karatan dan atapnya banyak yang sudah pada diterbangkan angin karena dibangun dengan tidak professional yang tidak memperkirakan kecepatan angin.

Perlunya perhatian dari Bupati Aceh Besar untuk meninjau ke Lokasi Pelabuhan Lamteng Pulau Nasi Kecanatan Pulau Aceh, bagaimana kinerja dari Dinas Perhubungan Aceh Besar terhadap wilayah kerjannya. Harapan tersebut dinyatakan oleh beberapa tokoh masyarakat setempat melalui Redaksi ZSAN ketika melakukan Investigasi ke Desa Lapeng Pulau Nasi.

Menurut keterangan dari Panglima Laot setempat ketika ditemui mengatakan, Rambu Suar tersebut sudah tidak berfungsi lagi nyaris lima tahun  belakangan. Akibatnya, Nelayan setempat tidak berani pulang malam saat melaut, hal ini seharusnya menjadi perhatian penting Dinas Perhubungan Aceh Besar yang membawahi daerah Pulau Aceh.

“ Kami masyarakat Nelayan Pulau Nasi selama satu tahun bekangan, dapat kembali pulang melaut malam hari, karena terbantu dengan adanya Pelampung Suar (Pelsu) Merah dan Hijau milik dari DistrikNavigasi Sabang yang ditempat di pintu masuk teluk Lamteng “

Diterangkannya juga bahwa, Gang Way Pelabuhan yang baru saja dibangun tahun 2016 kini sudah pada karatan dan atapnya juga diterbangkan angin. Perawatan Gang Way tidak pernah ada dilaksanakan, catnya sudah tidak ada lagi. Begitupun Menara Penuntun sudah tidak layak lagi, padahal setiap barang milik negara sudah pasti ada biaya perawatannya, tukas Panglima Laot.

(Redaksi)
Keterangan Foto :
1.      Kondisi Rambu Suar Penuntun yang sangat memprihatinkan dan tidak berfungsi lagi.

2.      Gang Way Pelabuhan Roro Desa Lamteng Pulau Nasi Kecamatan Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...