Sabtu, Januari 16, 2016

MV. Seven Seas Voyager Bawa Ratusan Turis ke Sabang

ZSNA – Sabang,….
Ratusan turis asal Amerika, Eropa dan Asia, Kamis (14/1), membanjiri Pelabuhan CT-1 milik Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), yang terletak di Gampong Kuta Barat, Sukajaya, Kota Sabang. Turis-turis ini merupakan penumpang kapal kapal pesiar (cruise) mewah MV Seven Seas Voyager yang tiba dipelabuhan Sabang pada pukul 07.00 WIB.

Kapal mewah dengan 13 deck berbendera Bahamas/Nassau itu, membawa penumpang turis sebanyak 689 dari manca negara dan berawak 449 Anak Buah Kapal, dengan diNahkodai oleh Capt. Daniel Green.

Usai dilakukan penyambutan serimoni oleh Kepala BPKS, Fauzi Husen, ratusan turis tersebut langsung mengikuti tiga paket tour yang telah disiapkan oleh BPKS dan travel agen serta Organda Kota Sabang.

Mereka langsung memilih paket-paket tour, seperti tour menggunakan bus berkeliling kota dan mengunjungi titik Nol Indonesia, kemudian paket berkeliling dengan becak becak dan paket jalan kaki.

Mereka juga didampingi oleh Guide dari Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Sabang, jadi mereka akan dijelaskan informasi oleh guide, kata Kepala BPKS, Fauzi Husen pada MOKI (ZSNA).

Fauzi juga mengatakan, BPKS menyiapkan kegiatan seni yang dipertunjukan kepada para tamu, seperti tari Ranub Lampuan dan Saman, tarian tersebut merupakan satu tarian dari  adat Aceh untuk memuliakan tamu, hal tersebut dilakukan dalam penyambutan kapal Pesiar MV. Seven Seas Voyager ketika sandar diPelabuha.

Dikatakannya juga, Kapal ini perdana singgah di Pelabuhan Sabang, dan Kapal ini baru saja menempuh perjalanan selama dua hari dari Colombo, Srilangka, ujar Kepala BPKS, Fauzi Husen disela-sela serimoni penyambutan yang berlangsung di Pelabuhan CT 1.

Selanjutnya Fauzi juga menjelaskan bahwa kapal tersebut memiliki panjang 206.5 meter, dan lebar 28.8 meter, dan fasilitas untuk penumpang disediakan 9 lantai, sementara untuk para crew telah disedikan 4 latai, dengan berbobot mati 42.363 Gross Tonnage, ujar Fauzi Husen.

Kepala BPKS juga berharap, Meskipun cruise MV. Seven Seas Voyager ini baru pertama sekali menjadwalkan kunjungannya ke Pelabuhan Sabang, kedepannya diharapkan akan dapat menjadikan Pelabuhan Teluk Sabang sebagai salah satu daerah tujuan yang akan selalu dikunjunginya.

Oleh Karena itu, saya berharap kita dapat memaksimalkan pelayanan kepada tamu, sehingga apa yang telah dijadwalkan mereka pada tanggal 21 mendatang dapat terwujud, harap Kepala BPKS Fauzi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan, Zulkarnaini Abdulah menambahkan, kapal mewah ini telah menjadwalkan lama kunjungannya ke Kota Sabang dan  selama beberapa jam mereka di Sabang, dan selanjutnya mereka akan bertolak kembali pada pukul 17.00 WIB, dengan tujuan Phuket, Thailand, ujar Zulkarnaini.

Sementa dalam hal pelayanan kita kepada mereka Zulkarnaini mengaku bahwa, pihaknya telah menyiapkan pelayanan Keamanan Standart ISPS-Code, sehingga dengan demikian dapat menciptakan rasa aman bagi awak kapal.

Pada penjelasan lainnya Zulkarnaini mengatakan, Rencananya sepanjang tahun 2016 ini, setidaknya Pelabuhan Teluk Sabang akan disinggahi sebanyak 15 Kapal Cruise, dan hal tersebut sesuai dengan yang telah direncanakan bersama oleh pihak Cruise dan telah dijadwalkan berapa banyak kunjungan wisata melaui kapal ke pelabuhan Sabang, pungkas Zulkarnaini.

(RED)

Keterangan Foto:

1.    FOTO BERSAMA: Dari kiri, Kapolres Sabang, AKBP Nurmeininggsih, Direktur Investasi, Fauzi Daud, Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Syafruddin Chan,  Kepala BPKS Fauzi Husen, Nahkoda Seven Seas Voyager Daniel Green serta Chip Engineer Germain Bouvet, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang, Zulfi Purwati dan Kepala Unit Manajemen Pelabuhan Zulkarnaini Abdullah sedang foto bersama dengan anak-anak tari dari Kota Sabang.

2.    CINDRA MATA: Kepala BPKS Fauzi Husen bersama Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Syafruddin Chan memberikan cindra mata kepada  Nahkoda Seven Seas Voyager Daniel Green serta Chip Engineer Germain Bouvet. Cindramata dari BPKS Sabang berupa Miniatur Monumen KM Nol Indonesia.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...