Sabtu, September 08, 2018

Koperasi Karyawan Maritim Sabang yang berusia 40 Tahun, Mengadakan RAT tahun buku 2017


MOKI – Sabang,..
Koperasi Karyawan Maritim (Kokarmar) Kota Sabang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017 di Gedung Dharma Wanita Distrik Navigasi Kelas II Sabang, Sabtu (08/09/18) pagi. Hadir pada Rapat Anggota Tahunan Kepala Distrik Navigasi Kelas II Sabang Abd. Rahman SH, KSOP Kelas V Sabang Siti hajar, Kepala BMKG Siswanto, Utusan dari Disperindagkop, pengurus Kokarmar dan Anggota.

Kepala Distrik Navigasi Kelas II Sabang Abd. Rahman SH selaku Pembina Kokarmar pada kata sambutannya mengatakan, para anggota Kokarmar harus menyadari bahwa Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan Forum tertinggi atau kekuasan tertinggi dari suatu Koperasi.

Disinilah ditentukan akan dibawa kemana arah koperasi kedepannya, disini juga dilaksanakan pertanggung jawaban keuangan ataupun aturan-aturan baru (program) yang akan dibuat berdasarkan keputusan bersama, diharapkan para anggota Kokarmar dapat berperan akatif dalam RAT kali ini, ujarnya.

Dikatakan, meskipun dengan banyaknya tugas utama para Aparatur Sipil Negara dan keterbatasan waktu pengelolaan Kokarmar karena pengelolanya terdiri dari pada ASN, namun setidak-tidaknya harus berkomitmen untuk dapat melaksanakan RAT sesuai dengan ketentuan-ketentuan perundang-undangan yang berlaku tentang Koperasi bahwa tahun buku itu paling lambat dilakukan di bulan Maret.

Kalau tidak dapat dilakukan RAT bulan Januari maka maksimalnya RAT dilaksanakan pada bulan Maret. Memang berat kita melaksanakan tugas Kokarmar dimana kita juga dituntut oleh tugas tugas kedinasan, namun dengan kebersamaan segala sesuatunya dapat dilaksanakan. Dengan asset yang sudah cukup besar, tentu akan sangat meringankan bagi anggota dalam hal simpan dan pinjam pada Kokarmar, kata Kadisnav Sabang Abd. Rahman.

Ketua Kokarmar Poedji Wahyudi pada kata sambutannya ketika membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) mengatakan, pelaksanaan RAT Kokarmar Sabang tahun bukui 2017 adalah merupakan suatu kewajiban dari para pengurus Koperasi pada setiap akhir tahun, dimana kita dituntut harus mempertanggung jawabkan pelaksanaan kegiatan Koperasi selama tahun buku, ujarnya.

Dikatakannya, Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah merupakan kekuatan tertinggi bagi Koperasi, yang merupakan kewajiban kita bersama untuk dapat menciptakan agar terjalinnya suatu sistim didalam gerakan koperasi guna mewujudkan tujuan koperasi sesuai dengan keinginan kita bersama tidak terlepas daripada apa yang kita kemukakan diatas.

Kita juga dalam RAT ini mengajak semua anggota Koperasi untuk dapat kiranya membahas dan mengesahkan atas laporan-laporan baik yang menyangkut pada keuangan maupun bidang-bidang lainya seperti organisasi, managamen dan lainnya yang disamnpaikan dalam RAT sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Koperasi yang mana Pengesahan ini juga merupakan bekal bagi pengurus dan badan pengawas untuk melakukan kegiatan Koperasi ditahun-tahun mendatang.

Lebih lanjut Poedji mengatakan, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan badan pengawas serta anggota Kokarmar, demikian juga kepada para Kepala Instansi yang bergabung dalam keanggotaan Koperasi Karyawan Maritim Sabang selaku Pembina Kokarmar yang juga turut pro aktif dalam memajukan Kokarmar. Begitu juga dengan tanggapan saran dan usul dari anggota Koperasi sangat kami harapkan demi kemajuan Kokarmar dimasa mendatang, tukas Ketua Kokarmar Sabang  Poedji Wahyudi.

Kadisperindagkop Kota Sabang yang diwakili oleh Kabid Koperasi dan UKM, Priyono, SH.I menyikapi RAT Kokarmar mengatakan, untuk lebih menyempurnakan Laporan Pertanggung jawaban Kokarmar perlu dibuat draf Asset, dan mengingat jumlah anggota Kokarmar yang jumlahnya 152 orang maka perlu pengembangan usaha Koperasi mengareah kepada bidang usaha lainnya seperti Toserba, ujar Priyono.

Transaksi dari Toserba itu akan sangat bermanfaat bagi anggota itu sendiri, mengingat telah besarnya Asset dari Kokarmar alangkah baiknya bila kesemuanya memakai aplikasi. Kokarmar hendaknya begerak kearah Maritim Syariah, karena keuntungan mengarah ke syariah lebih besar dan ada control.

Sampai dengan sekarang ini Kokarmar merupakan Koperasi Sabang yang ke 21 mengadakan RAT, dan diharapkan kedepannya akan lebih cepat lagi melaksanakan RAT. Perlu juga diketahui oleh seluruh anggota Kokarmar bahwa usia Koperasi Karyawan Maritim (Kokarmar) telah 40 tahun, sudah cukup tua usia Koperasi ini dan selalu Eksis dalam hal simpan pinjam bagi anggotanya, pungkas Kabid Koperasi dan UKM Disperindagkop Priyono SH.I.

(Redaksi)

Keterangan Foto  :
Foto foto RAT Kokarmar Sabang di Gedung Dharma Wanita Disnav Sabang, Sabtu (08/09-18) pagi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketua PKS Sabang Yang baru Albina A Rahman ST, MT

  Albina A Rahman ST, MT Ketua Partai Keadilan Sejahtera Kota Sabang Yang Baru Pergantian. Isyu Suksesi Kepemimpinan Sabang tahun 2024 Mencu...